Learn how SystemEver fits perfectly into your remote work trip. Watch Tutorial Video.

Article

SystemEver Manufacturing : IT Inventory Kawasan Berikat

SystemEver Manufacturing : IT Inventory Kawasan Berikat

Apa itu kawasan berikat?

Kawasan Berikat adalah Tempat Penimbunan Berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan sebelum diekspor atau diimpor untuk dipakai. Secara sederhana kawasan berikat merupakan tempat untuk melakukan kegiatan industri dan manufaktur dengan tujuan untuk ekspor impor. Kawasan ini memiliki aturan dan batasan tertentu mengenai barang-barang yang dimasukkan dari luar daerah Pabean atau dari dalam wilayah Pabean Indonesia.

Biasanya kegiatan utama yang dilakukan di kawasan ini adalah kegiatan manufaktur yang berkaitan dengan pengolahan atau pemrosesan bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi. Serta kegiatan tempat penyimpanan, penimbunan dan juga pengolahan barang yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

 

Fasilitas di Kawasan Berikat

1.     Penangguhan Bea Masuk dan Cukai

Tujuan dari pemberian fasilitas ini adalah  untuk mendorong perkembangan dunia usaha dan meningkatkan daya saing perusahaan pada skala global. Salah satu fasilitas yang terdapat di kawasan berikat adalah penangguhan bea masuk atau pembebasan pajak pada barang impor serta cukai yang digunakan sebagai barang modal (barang yang digunakan untuk keperluan bahan baku pabrik) serta pembebasan bea masuk dan cukai pada asset atau peralatan perkantoran yang dipakai oleh pengusaha kawasan berikat. Sehingga, proses impor barang yang masuk untuk diolah menjadi barang ekspor akan lebih mudah jika dilakukan di kawasan tersebut.

2.     Tidak dikenakannya PPN pasal 22 dan PPnBM

Besarnya nilai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) seringkali menjadi perhatian pelaku usaha. Beruntungnya, PPN dan PPnBM tidak dikenakan bagi pelaku usaha kawasan berikat. Kebijakan ini diberuntukkan bagi beberapa barang seperti pada pemasukan Barang Kena Pajak (BKP) yang berasal dari daerah pabean lain, pengiriman barang hasil produksi antar Pengusaha di Kawasan Berikat (PDKB), peminjaman barang, bahan dan mesin yang berlaku dengan adanya perjanjian subkontrak .


Beberapa  contoh kawasan berikat di Indonesia adalah  :

1. Tanjung Emas Ekspor Precessing Zona (TEPZ), lokasi di sekitaran pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah

2.     Cakung, lokasi di Jakarta

3.     Tanjung Priok, lokasi di Jakarta

4.     Batam, lokasi di Riau.

 

SystemEver Sebagai Solusi IT Inventory untuk Kawasan Berikat

Demi menjalankan kegiatan operasional bisnis secara efisien, sebuah perusahaan di Kawasan Berikat perlu dan diwajibkan menggunakan sistem IT Inventori, tujuannya agar proses pengelolaan barang bisa terpantau dan dilaporkan secara real time. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga mewajibkan software inventory yang digunakan oleh perusahaan Kawasan Berikat bisa terintegrasi dengan portal Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau CEISA 4.0 ( Costums-Excise Information System and Automation), tujuannya supaya pemantauan dokumen sebagai syarat pelaporan sesuai undang-undang dapat dilakukan secara real time.

Dalam implementasi IT Inventori Kawasan Berikat, DJBC memetakan IT Inventori ke dalam empat tipe yaitu :

Kategori A – (Integrate System)

     Perusahaan kawasan berikat menggunakan satu aplikasi pencatatan pembukuan yang saling terintegrasi atau berkaitan satu sama lain.
Kategori B – (Mirror Database)

Perusahan kawasan berikat menggunakan dua aplikasi, pertama adalah aplikasi pencatatan pembukuan utama. Kedua adalah IT Inventory dimana keduanya akan saling terintegrasi dan menggunakan sumber daya yang sama dalam pencatatan masuk keluar barang. Di dalamnya IT Inventory juga berperan sebagai interface.

Kategori C

Sistem pencatatan pembukuan perusahaan dan IT Inventory tidak terintegrasi dan keduanya berdiri sendiri tanpa campur tangan satu sama lain.

Kategori D

Masih dikerjakan secara manual dan DJBC memberikan perhatian khusus pada perusahaan yang berada pada kategori ini.

Sebagai sistem IT yang terintegrasi, System Ever menawarkan solusi tipe A yang artinya, seluruh proses atau kegiatan operasional perusahaan bisa dilakukan melalui satu sistem. Secara details, kemudahan IT Inventory yang ditawarkan  System Ever mencakup :

1.      Akses 24 jam oleh pihak yang berwenang

2.      Pembuatan laporan wajib DBJC secara otomatis

3.      Manajemen akuntansi terintegrasi

4.      Pencatatan lokasi barang mulai dari pemasukan, pengeluaran, proses produksi, penyesuaian dan pencatatatn hasil stock opname secara realtime.

5.      Laporan pemasukan dan pengeluaran barang secara lengkap dan detail sesuai dengan syarat IT Inventory DJBC

6.      Seluruh proses operasional dipantau dari satu tempat, sehingga mudah untuk melakukan control

7.      Keamanan data terjamin

8.      Sistem yang stabil

Manfaat Implementasi IT Inventory System Ever Pada Perushaan Manufakture di Kawasan Berikat

Pemantauan produksi dan pengelolaan barang dalam satu tempat

Keterlambatan proses produksi dan kesalalahan dalam pengelolaan barang akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Namun dengan adanya System Ever IT Inventory, seluruh kegiatan operasional perusahaan bisa terkontrol secara real-time, sehingga bisa menghindari adanya kesalahan ataupun keterlambatan karena perusahaan memiliki kontrol penuh atas produksi dan stok barang.  

Kontrol penuh terhadap strategi pemasaran sesuai kondisi pasar

Laporan penjualan secara realtime yang disediakan oleh Sistem Ever IT Inventory  bisa digunakan untuk mengambil keputusan atas produksi barang. Seperti melakukan pengurangan produksi pada stok barang yang kurang laku di pasaran dan memperbanyak barang yang laku. Tindakan semacam ini berguna untuk menekan dana produksi serta mengevaluasi strategi pemasaran.

Menjaga hubungan baik dengan customer

Dengan menggunakan dan menerapkan System Ever IT inventori, perusahaan bisa memantau persediaan stok barang sehingga jika terjadi kekurangan stok, perusahaan bisa merespon dengan cepat . Dengan begitu, perusahaan bisa mengindari adanya ketidak puasan pelanggan atas kurangnya stok barang ketika permintaan barang di pasar sedang tinggi, di waktu bersamaan pemantauan stok barang secara realtime juga berguna sebagai reminder untuk team produksi segera melakukan produksi saat persediaan barang telah menipis.

Kerjasama team lebih mudah

Dalam sebuah perusahaan, kerja sama antar departemen terus terjalin. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem terintegrasi sehingga kolaborasi antar departemen dalam perusahaan bisa terjalin. Dengan menggunakan IT Inventory System Ever, seluruh proses bisnis dalam perusahaan bisa terpantau dan dilakukan lewat satu sistem. Hal ini mempermudah perusahaan untuk berkoordinasi antar devisi dan meningkatkan akuntanbilitas dalam bisnis, karena seluruh kegiatan bisa terpantau secara realtime sehingga bisa meminimalisasi adannya kesalahan koordinasi atau ketidaktepatan informasi.

Laporan akurat dengan sistem dan keamanan data yang terjamin

System Ever IT inventory memungkinkan perusahaan mendapatkan data yang lengkap dan akurat mengenai seluruh rangkaian kegiatan perusahaan. Dengan menggunakan System Ever IT inventory yang telah terintegrasi dengan CEISA 4.0, pengguna bisa melakukan monitoring dan mengelola laporan barang hanya dengan satu sistem dan tidak perlu melakukan entri data dua kali.

Pada System Ever IT inventory, seluruh data akan terupdate secara real-time yang berarti sistem akan melakukan update data tepat saat data selesai dimasukkan, dengan cara ini akurasi data akan lebih  terjamin. System Ever Indonesia juga menjamin kelancaran operasional dan keamanan sistem, System Ever IT inventory menggunakan Microsoft Azure Cloud yang sudah terjamin kestabil. 

Request Demo

Related Article

Request Demo Register Now! Register
Send your message via EmailEmail
Send your message via Whatsapp Whatsapp
Contact Us
021- 529 621 29
Call